Friday, 8 June 2012

RUMAH TEMPE INDONESIA

Keberadaan Rumah Tempe Indonesia di Bogor memiliki tujuan yang sangat luas karena Rumah tempe Indonesia didedikasikan untuk :
•    Kepentingan perajin tempe yang seyogyanya harus bangga bahwa tempe adalah produk asli bangsa Indonesia yg telah diakui dunia sebagai makanan yg bergizi, enak dan sehat dan RTI sebagai pelopor diyakini bahwa apabila tempe diproses secara baik dan higienis dengan menggunakan peralatan yg benar dan diperoleh produk tempe yg berkualitas.
•    Kepentingan konsumen, dimana konsumen, pembeli diberikan pada pilihan termasuk pilihan produk yg terbaik sebab konsumenlah yg paling berhak menentukan dan memilih produk yg paling disukai, maka pada saat pembeli menghendaki produk tempe terbaik dapat dipastikan  produk tempe RTI pilihannya.
•    Kepentingan penelitian dan pengembangan. – RTI dibangun sebagai pusat penelitian dan pengembangan terhadap produk tempe yg menginspirasikan lay out bangunan sederhana tapi bersih, peralatan yg dibunakan menggunakan bahan-bahan yg aman, tidak berbahaya untuk makanan, proses produksi dilakukan secara teliti dan terukur, pemanfaatan limbah dipersiapkan sangat optimal dan ramah lingkungan.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut maka RTI memiliki beberapa kegitan antara lain
Kegiatan bagi anggota/pengrajin tradisional
1.Pelatihan konsep produksi tempe yang sesuai dengan kaidah GHP
2.Pelatihan pengelolaan keuangan usaha
3.Pelatihan kewirausahaan (bagi calon produsen tempe)

Kegiatan bagi konsumen
1.Kampanye manfaat tempe bagi kesehatan
2.Bazar produk untuk mensosialisasikan tempe higienis
3.Seminar dan workshop oleh pakar gizi pada konsumen terpilih seperti komunitas masyarakat

Kegiatan bagi penelitian
Memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan penelitian di RTI dengan memberikan kemudahan

Aktifitas tersebut dilakukan dengan bekerjasama dengan beberapa lembaga seperti Mercycorps, Forum Tempe Indonesia, dan lembaga non pemerintah atau lembaga pemerintah lainnya

8 comments:

saya tertarik ada rumah tempe gimana klw saya buat seperti baaapak di daerah saya kira kira berapa modalnya untuk mendirikan rumah tempe saya ada di Banten sayale minta alamat dan telpon bapak untuk belajar pada bapak

langsung saja ke kantor kita pak di Jl.RAya Cilendek no.27 Bogor

Salut buat rumah tempe Indonesia.. Usaha yg bagus dan sebagai percontohan buat yg punya dan yang mau usaha tempe...
Pengen belajar sama RTI ,
Bisa gak pak memberi panduan dari jarak jauh... Kami dari Batam pak... Salam....

Terimakasih Mas Yan, pada prinsipnya kita dariKopti Kab Bogor dan RTI siap membantu pengrajin tempe dari seluruh indonesia. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan via email ke rumahtempe.indonesia@gmail.com

Rumah Tahu Indonesia ada belum?

Dear Pengurus Kopti Bogor, saya nutrisionis di Jerman dan saat ini sedang berada di Indonesia untuk short trip. Saya berminat untuk mengetahui sistem kerja di pabrik tempe modern yang dikelola Kopti Bogor. Bila saya ingin berkunjung ke pabrik tempe Bapak, haruskah saya membuat termin terlebih dahulu ataukah saya dapat berkunjung langsung ke sana? Saya sudah berusaha menghubungi Kopti Bogor yang tersedia di laman ini, namun sayangnya tidak ada yang dapat dihubungi. Terimakasih sebelumnya.

Yth Ibu Dyah,

Silahkan ibu hub Bpk Ridha di 0812 8074 2701

trims

Sangat membantu dan menarik isinya
Salam RENTAL MOBIL

Post a comment